Mengenal Bahan Kubah Masjid

Kubah yang sering dijadikan puncak dari sebuah bangunan masjid selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya dari kejauhan. Kubah masjid seolah menjadi ikon yang hampir semua masjid memilikinya. Namun, dari balik keindahan kubah masjid pasti selalu ada jerih payah pada saat pembangunannya. Bahan untuk pembangunan kubah masjid pun berbeda dari bahan pembuatan bagian masjid yang lain. Jenis bahan kubah masjid yang digunakan, sangat menentukan tampilan dan keindahan masjid nantinya. Untuk masjid-masjid besar, terkadang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit khusus untuk pembangunan kubah masjid. Bahan kubah masjid bermacam-macam, mulai dari bahan yang biasa hingga bahan yang tidak terduga.

Bahan kubah masjid umumnya berasal dari stainless atau berbahan beton. Untuk beberapa masjid besar dan modern yang banyak terdapat di Indonesia, banyak bahan mahal lain yang digunakan. Contohnya adalah bahan yang berupa baja ringan. Baja ringan ini umumnya digunakan untuk pengecatan dengan menggunakan sistem enamelling. Biasanya apabila baja ringan digunakan untuk pengecatan, maka lapisan ini dapat bertahan lama bahkan hiingga berpuluh-puluh tahun. Itulah mengapa banyak masjid yang berumur lama namun masih memiliki tampilan yang menawan, bahan pembangunannya pun pasti buka bahan yang biasa. Selain baja ringan, ada beberapa masjid yang menggunakan bahan galvalum untuk pembuatan kubahnya. Bahan gulvalum umumnya dipilih dengan alasan bahan ini merupakan bahan yang anti karat karena tidak cepat rusak ketika berinteraksi dengan oksigen. Selain menghindari karat, bahan ini juga mudah untuk dicat ulang di kemudian hari.

Bahan yang digunakan untuk membangun kubah masjid memang beraneka ragam. Selain baja ringan dan gulvalum, masih banyak bahan lain dengan kualitas dan kelebihan yang tidak kalah dari dua jenis bahan tersebut. Penggunaan jenis bahan kubah masjid selalu dikaitkan dengan tujuannya. Pemilihan bahan terbaik akan berdampak pada ketahanan kubah dalam waktu beberapa tahun kedepan. Sellain bahan yang digunakan, faktor lain yang mendukung kualitas kubah masjid adalah teknik dari pembangunannya.

grosir karpet masjid 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *