12:31 pm - Wednesday September 17, 2014

Pembibitan Sapi Didominasi Perorangan

Written by | 05/02/2014 | 0

radar logoWARU – Pembibitan sapi saat ini banyak dilakukan warga di wilayah utara (pantura) Pamekasan. Di antaranya Kecamatan Waru, Pasean, dan Batumarmar. Menariknya, di tiga kecamatan tersebut, pembibitan banyak dilakukan oleh perorangan dibandingkan oleh kelompok tani (poktan).

Petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Waru Rudi Haryanto menjelaskan, di tiga kecamatan itu banyak warga memelihara sapi betina. Sebab, sapi tersebut dibutuhkan sebagai induk. Jika sapi hasil pembibitannya bagus, akan terjual dengan harga mahal.

Selain itu, memelihara sapi betina dimanfaatkan untuk lomba sape sono’. Hal itulah yang menyebabkan warga pantura banyak menyukai sapi betina. ”Di samping bernilai ekonomis, ada nuansa hiburan,” tandas Rudi.

Dia menjelaskan, populasi sapi betina banyak terdapat di Kecamatan Waru, yakni di Desa Waru Barat, Sana Laok, dan Waru Timur. Sementara untuk Kecamatan Pasean terdapat di Desa Dempo Barat, Dempo Timur, Sana Daja, dan Sana Tengah. Bagitu pula di Kecamatan Batumarmar, terdapat di Desa Paonjanan Barat, Paonjanan Timur, dan beberapa desa lainnya.

”Untuk membangkitkan semangat merawat sapi, diadakanlah kumpulan taccek, Mas,” ujar Rudi, ketika ditanya kiat-kiat yang ditempuh agar petani tetap konsinten mengembangkan sapi betina.

Selain itu, melalui poktan, peternak juga diberi pembinaan termasuk diikutkan lomba. Hasilnya, salah satu poktan di Desa Waru Timur pernah meraih prestasi hingga tingkat nasional di akhir 2013 lalu. ”Itu berkat ketekunan petani dalam memelihara dan mengembangkan sapi betina,” pungkasnya. (sid/rd)

 

————————————

Dipostingkan oleh Administrator

radarmadura.co.id – Jawa Pos Radar Madura

Filed in: News, Pantura

No comments yet.

Leave a Reply