3:56 pm - Friday October 31, 2014

Sapi Bibit Betina Produktif Terus Dibina

Written by | 26/11/2013 | 0
PERIKSA: Kepala Disnak Bambang Prayogi (kanan) dan petugas peternakan wilayah utara Rudi Haryanto serta Kabid Usaha Tani Disnak saat mengecek sapi taccek.

Kepala Disnak Bambang Prayogi (kanan) dan petugas peternakan wilayah utara Rudi Haryanto serta Kabid Usaha Tani Disnak saat mengecek sapi taccek.

PASEAN-Salah satu basis bibit sapi betina produktif di Kabupaten Pamekasan berada di wilayah Pasean dan Waru. Agar semakin berkembang pesat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melalui dinas peternakan (disnak) melakukan pembinaan.

Acara pembinaan sapi taccek itu dihelat di Dusun Oro, Desa Sana Daya, Kecamatan Pasean. Puluhan pemilik sapi betina di desa setempat mengikuti acara tersebut. Ratusan sapi dipajang secara melingkar, kemudian diposisikan berdiri dan kaki bagian depan diberi alas. Pemiliknya duduk lesehan sambil melihat sapi-sapi mereka yang anggun.

Kepala Disnak Pamekasan Bambang Prayogi dalam acara kemarin mengimbau agar pemilik sapi terus melakukan pemeliharaan agar sapi terus produktif. ”Sebab, sapi Madura merupakan sumber bibit sapi di antara daerah yang lain di Indonesia.

Ke depan, target kami adalah wilayah utara, seperti Waru, Pasean, dan Batumarmar. Pembinaan sejak dini ini bertujuan agar sapi produktif semakin meningkat,” papar Bambang Prayogi.

Pembinaan sapi taccek identik dengan pembinaan sapi Madura betina yang unggul sebagai sapi bibit. Kegiatan yang dilakukan adalah pendataan sapi bibit betina, pembinaan teknis, penyuluhan, dan fasilitasi pertemuan paguyuban.

Rudi Haryanto, koordinator peternakan wilayah utara menambahkan, 202 sapi di pantura ini terdapat di 2 lokasi. Desa Waru Barat, Kecamatan Waru dan Desa Sana Daya, Kecamatan Pasean. ”Ke depan akan dikembangkan di desa lain di pantura,” tandas Rudi.

Ketua Kelompok Taccek Masakkat Desa Sana Daya Abd. Rahem mengaku, bangga dengan program rutin tersebut, karena bisa memotivasi pemilik sapi untuk terus berpacu memperbaiki kualitas hewan peliharaannya. (advertorial)

————————————

Dipostingkan oleh Administrator

radarmadura.co.id – Jawa Pos Radar Madura

Filed in: Advertorial

No comments yet.

Leave a Reply